MENURUNKAN RESIKO DALAM USAHA WARALABA



MENURUNKAN RESIKO DALAM USAHA WARALABA



Salah satu peluang usaha bisnis yang sedang naik daun atau sedang trend di kalangan masyarakat Indonesia pada jaman ini adalah usaha bisnis waralaba atau franchise.Banyak manfaat dan keuntungan yang dapat anda peroleh jika membuka usaha bisnis tersebut.Di karenakan oleh anda hanya perlu membeli usaha yang sudah dibangun dan dijual oleh pebisnis yang sudah sukses,lalu anda cukup mengembangkan usaha tersebut sampai anda mendapatkan untung yang sangat besar.Anda tidak perlu susah payah membangun usaha dari nol,cukup menyiapkan modal,mencari penjual usaha lalu menjalankan usaha sampai usaha anda sukses.
Ada beberapa langkah atau cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan resiko yang ada pada usaha waralaba, antara lain sebagai berikut:

  1. Melakukan evaluasi diri wirausahawan hendaknya melakukan evaluasi sendiri untuk meyakinkan bahwa memasuki ventura franchising adalah tepat bagi dirinya.

  1. Meneliti usaha waralaba tidak setiap usaha hak guna paten tepat untuk anda. Wirausahawan harus mengevaluasi usaha hak guna paten untuk memutuskan mana yang paling tepat. Sejumlah faktor yang harus dinilai sebelum membuat keputusan akhir adalah :
  • Stabilitas finansial dari usaha hak guna paten. Pembelian hak guna paten oleh wirausahawan hendaknya dilakukan sesudah dilakukan penilaian statibiltas finansial dari pemilik hak guna paten. Terdapat banyak faktor yang akan membantu wirausahawan menentukan stabilitas dan kemampuan mendatangkan laba dari organisasi usaha hak guna dalam jangka panjang.

  • Usaha hak guna paten yang mapan dan belum mapan. Terdapat banyak keuntungan dan kerugian dalam melakukan investasi pada usaha hak guna paten yang mapan atau belum mapan. Investasi pada usaha hak guna paten yang belum mapan akan merupakan investasi yang tidak mahal. Akan tetapi, hal ini diimbangi dengan resiko yang besar. Penerima hak guna paten meungkin melakukan kesalahan yang berakibat kegagalan usaha. Reorganisasi konstan akan menyebabkan kebingungan dan mismanajemen.

  • Pasar potensial bagi usaha franchise adalah penting bagi wirausahawan untuk mengevaluasi daerah pasar dari mana pelanggan akan tertarik dengan franchise baru. Satu cara mudah adalah dengan peta komunitas atau daerah setempat dan mencoba mengevaluasi arus lalu lintas dan demografi penduduk daerah tersebut. Informasi arus lalu lintas bisa diamati dengan mengunjungi daerah tersebut. Arah lalu lintas, kemudahan masuk dalam usaha, dan jumlah arus lalu lintas bisa diperkirakan dan pengamatan. Demografi daerah ditentukan dari data sensus. Perlu juga menemukan lokasi pesaing didaerah yang mungkin mempunyai pengaruh potensial terhadap usaha. Jika pemberi hak guna paten bersedia dan dana juga tersedi, akan sangat membantu mengadakan riset pemasaran didaerah. Sikap dan minat dalam usaha baru bisa dinilai dalam riset dilakukan riset oleh perguruan tinggi setempat sebagai bagian dari proyek studi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP DASAR USAHA WARALABA