DASAR UNTUK MEMBANGUN USAHA WARALABA


DASAR UNTUK MEMBANGUN USAHA WARALABA


Saat ini usaha bisnis waralaba sangatlah maju dan besar perkembangannya di Indonesia. Karena usaha ini cukup mudah dalam menjalankannya dan mudah dalam menemukan usaha waralabanya. Selain itu, keuntungan yang akan diraih sangatlah besar jika anda terus menerus membangun, mengembangkannya. Banyak sekali jenis dari usaha bisnis waralaba ini, anda tinggal memilih sesuai minat dan keahlian serta modal yang akan anda keluarkan. Lalu jalankan usaha bisnis sampai anda merasakan besarnya keuntungan dari usaha bisnis waralaba ini.

Berikut uraian dasar jika anda ingin membuka usaha waralaba, antara lain:

  1. Kenali Terlebih Dahulu Usaha Waralaba
Pada dasarnya, waralaba adalah ikatan bisnis dimana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya. Pemberi waralaba disebut juga dengan franchisor dan penerimanya disebut franchisee. Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.
  1. Tentukan Bidang yang Di Minati
Sebelum memilih bisnis waralaba, sebaiknya telusuri terlebih dahulu minat dan keterampilan anda. Jangan sampai anda memilih bidang yang tidak anda sukai dan kuasai, karena tidak akan berujung kesuksesan. Salah satu kelebihan bisnis waralaba adalah anda dapat menyumbangkan ide-ide menarik yang menurut anda akan memperbesar bisnis anda yang tidak dapat anda sampaikan saat anda bekerja di sebuah perusahaan. Jika anda memahami minat dan kemampuan anda, maka anda dapat memberi kontribusi lebih dalam pengembangan bisnis waralaba yang anda jalani.
  1. Perhitungkan Modal Bisnis
Jika anda sudah menentukan bisnis waralaba yang anda inginkan, maka anda harus mulai memperhitungkan berapa banyak modal yang harus anda siapkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis waralaba tentunya beragam dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat besar. Yang perlu diingat adalah modal besar belum menjamin kesuksesan bisnis anda. Oleh karena itu, anda perlu mempertimbangkan keunikan produk atau jasa yang akan ditawarkan dan mencari tahu bagaimanakah potensi bisnis waralaba tersebut melalui kinerja cabang-cabang lainnya. Jika ternyata bisnis waralaba yang anda pilih sudah berdiri sejak lama dan terus berkembang di seluruh dunia, mungkin terdapat potensi besar di baliknya.
  1. Kenali Pasar dan Temukan Lokasi yang Strategis
Sebelum memulai bisnis, anda perlu mengetahui lokasi yang sesuai dimana konsumen potensial anda berada. Sebagai contoh jika anda berniat membuka kedai kopi yang harganya terjangkau, maka konsumen yang anda tuju adalah misal mahasiswa dan pekerja kantoran. Dengan demikian Anda dapat mencari lokasi sekitar kampus atau area perkantoran.
  1. Kembangkan dengan giat dan tekun
Tips terakhir adalah jangan pernah menyerah dan tetaplah semangat dalam menjalani bisnis anda. Dalam bisnis tentunya ada berbagai masalah dan hambatan, tapi semua itu dapat anda lalui jika anda fokus dan semangat menjalaninya. Usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti. Kembangkan bisnis anda dengan bertahap dan tetap fokus pada intinya, sehingga bisnis anda dapat berkembang sebagaimana mestinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP DASAR USAHA WARALABA

MENURUNKAN RESIKO DALAM USAHA WARALABA